PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII

NURAINI, ADE (2019) PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan bentuk the posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pembelajaran pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang ada di MTs Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 110 siswa. Dari data populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik cluster sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII.B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan berupa tes yang berisi soal-soal matematika yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep siswa. Tes dilaksanakan sesudah menggunakan pendekatan PMRI. Berdasarkan hasil analisis data di dapat hasil kemampuan pemahaman konsep siswa yakni kelas eksperimen = 56,43 dan kelas kontrol = 42,19 dan untuk thitung = 4,25 dan ttabel = 2,00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pmri kemampuan pemahaman konsep siswa teorema pythagoras
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:01
Last Modified: 15 Jan 2020 02:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item View Item