PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ADLI PALEMBANG

HERYANTI, HERYANTI (2018) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Adli Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum diterapkan metode bercerita. 2) mengetahui bagaimana kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia sesudah diterapkan metode bercerita. 3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design yaitu one-group pretest-posttest. Populasinya adalah siswa kelas V di MI Al-Adli Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas V B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Adli Palembang dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus TSR dan uji tes “t”. Hasil penelitian sebagai berikut. Hasil penelitian ini yaitu: 1) kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum menggunakan metode bercerita pada kelas V B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Adli Palembang mendapatkan mean sebesar 60. Sedangkan hasil presentase kemampuan menulis karangan narasi yang tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa (19,3 %), %), tergolong sedang sebanyak 10 orang siswa (32,2 %), dan dan tergolong rendah 15 orang siswa (48,4 %). 2) kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia sesudah menggunakan metode ber cerita pada kelas V B di Madrasah Ibtidaiyah Al-Adli Palembang mendapatkan mean sebesar 72. Sedangkan hasil presentase kemampuan menulis karangan narasi yang tergolong tinggi sebanyak 14 orang siswa (45,2 %), tergolong sedang sebanyak 11 orang siswa (35,5 %). tergolong rendah 6 orang siswa (19,3 %). 3) Pengaruh metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu: Dari proses membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to= 6,71) lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%), 2,042< 6,71> 2,750. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menulis karangan narasi kelas V B Madrasah Ibtida’iyah Al-Adli Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode bercerita kemampuan menulis karangan narasi
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:00
Last Modified: 15 Jan 2020 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5638

Actions (login required)

View Item View Item