PENERAPAN MODEL CONTEXSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-ISHLAH TULUNG SELAPAN

KANDELA, IRENE (2019) PENERAPAN MODEL CONTEXSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL-ISHLAH TULUNG SELAPAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran perlu perencanaan dan intraksi antara guru dan peserta didik agar tercapainya proses pembelajaran yang aktif, secara sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien yang dimuali dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Contexstual Teaching Learning (CTL) konsep belajar yang membantu guru melalui strategi pembelajaran yang menekanan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari.Tujuan tersebut untuk mengetahui penerapan model contekstual teaching learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI AL-Ishlah Tulung Selapan, mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan model contekstual teaching learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI AL-Ishlah Tulung Selapan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai informasi data yaitu guru Bahasa Indonesia kelas V.B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tringulasi. Analisis data menggunakan yaitu, reduksi data penyajian data, dan menarik kesimpulan, hasil penelitian menyatakan ada dua pembahasan yang pertama peneran model contekstual teaching learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI AL-Ishlah Tulung Selapan, yaitu semua kegiatan proses belajar mengajar sudah dilaksanakan dengan baik, oleh guru dan siswa, seperti menjalankan proses belajar mengajar walaupun masih ada yang belum terlaksanakan dengan maksimal. Pembahasan kedua yaitu Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran menggunakan model contekstual teaching learning (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ada tiga aspek yaitu dari guru, siswa dan sekolah. Kendala dari guru tingkat penyampaian materi mengenai model pembelajaran belum sepenuhnya walaupun sudah terlaksana dengan baik, dan tingkat kemampuan siswa dalam menerima serta memahamin materi, kemudian kendala dari sekolah belum tersedianya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Contexstual Teaching Learning Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:35
Last Modified: 17 Jan 2020 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item