ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESMENT) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

UTAMI, TRI (2019) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESMENT) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BABKESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik (authentic assasment) mencakup tiga ranah penilaian, yang meliputi sikap (afektif), kompetensi pengetahuan (kognitif), dan kompetensi keterampilan (psikomotorik).Mekanisme penilaian yang digunakan dalam penilaian autentik kurikulum 2013 yaitu PerencanaanPenilaian, Pelaksanaan Penilaian, Analisis Hasil Penilaian, Refleksi, Tindak Lanjut Hasil Penilaian dan Pelaporan Hasil Penilaian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 di SMA N 3 Palembang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, observasi, pedoman penilaian dan check list produk penilaian yang digunakan oleh guru mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian autentik (autenthic assasment) kurikulum 2013 di SMA N 3 Palembang telah dilakukan. Penilaian dilakukan berdasarkan enam mekanisme yaitu Perencanaan Penilaian, Pelaksanaan Penilaian, Analisis Hasil Penilaian, Refleksi Tindak Lanjut, Hasil Penilaian dan Hasil Penilaian. Hasil observasi dan wawancara kepada guru yang mengajar mata pelajaran Biologi khususnya di dalam materi keanekaragaman hayati semua mekanisme telah dilakukan. Akan tetapi penilaian afektif, kognitip dan psikomotorik yang merupakan ciri dari penilaian autentik (autenthic assasment) kurikulum 2013, yang mempunyai 13 produk penilaian yaitu proyek atau penugasan laporan, portofolio, pekerjaan rumah, kuis, karya peserta didik, persentasi atau penampilan peserta didik, demonstrasi, laporan, diskusi kelompok, karya tulis, jurnal dan wawancara (ujian lisan). Dari semua produk penilaian yang ada hanya beberapa yang dilakukan oleh guru biologi SMA N 3 Palembang yaitu kelas X.MIPA dan juga kelas X.IPS. Guru kelas X,MIPA hanya menggunakan produk penilaian pada kegiatan siswa yaitu ulangan harian, kuis, karya peserta didik (mading), karya tulis ( makalah), dan membuat kelompok-kelompok diskusi. Sedangkan guru X.IPS hanya menggunakan produk penilaian pada kegiatan siswa yaitu ulangan harian, kuis, karya tulis (makalah), dan membuat kelompok-kelompok diskusi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik Keanekaragaman Hayati kurikulum 2013
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:38
Last Modified: 21 Jan 2020 08:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item