NOVIANINGSIH, TRI (2019) PENERAPAN PENGGUNAAN LKS BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI SMP YAPI TALANG KELAPA BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan LKS berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII.1 SMP YAPI Talang Kelapa Banyuasin yang berjumlah 27 orang siswa. Alat pengukur data ialah menggunakan lembar observasi dan soal tes. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan LKS berbasis PMRI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa yaitu pada pertemuan pertama sebesar 54,55 % dengan kategori cukup menjadi 72,73 % pada pertemuan kedua dengan kategori baik dengan kategori sangat baik dan baik adalah 72,73%,. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan PMRImemperoleh nilai rata – rata sebesar 82,2 dengan persentase hasil belajar siswa setelah diterapkannya penggunaan LKS berbasis PMRI, terdapat 37,04 % dalam kategori sangat baik dan 44,44% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran siswa. Dimana lebih dari separuh dari jumlah keseluruhan peserta didik mendapatkan nilai yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan PMRI aktivitas hasil belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 03:32 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 03:34 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5976 |
Actions (login required)
View Item |