PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIYAH IV PALEMBANG

ANGGRAINI, WINDI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIYAH IV PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di madrasah Ibtidaiyah Qur’aniyah IV Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana hasl belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniyah IV Palembang, bagimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniyah IV Palembang, dan adakah pengaruh penerapan model learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniyah IV Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental method). Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan.sampel dalam penelitian ini penulis mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas IV.a sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV.b sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis uji tes”t” dan TSR. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV.a (kelas eksperimen) yang menerapkan model pembelajaran learning cycle tergolong tinggi dengan persentase 30%, tergolong sedang dengan persentase 50%, dan tergolong rendah dengan persentase 20%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil posttest. Sedangkan hasil belajar siswa kelas IV.b (kelas kontrol) yang tidak menerapkan model pembelajaran learning cycle tergolong tinggi dengan persentase 20%, tergolong sedang dengan persentase 35%, dan tergolong rendah dengan persentase 45%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle dan yang tidak menerapkan model pembelajaran learning cycle dapat dilihat dari uji “t” hitung yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (to = 3,235) sedangkan besarnya t yang tercantum pada tebel t (ttts 5% = 2,02 dan ttts 1% = 2,71. Maka hipotesis nihil (HO) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa kelas IV yang menerapkan model pembelajaran learning cycle dan yang tidak menerapkan model pembelajaran learning cycle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MODEL LEARNING CYCLEHASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:32
Last Modified: 22 Jan 2020 03:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item