PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII DI SMP SYABAB AL-FATIH SRIMULYA OKI

YUNARNI, YUNARNI (2019) PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII DI SMP SYABAB AL-FATIH SRIMULYA OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Kesimpulan Dan Saran.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, siswa dituntut untuk mempunyai keterampilan berpikir kritis. Penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Syabab Al-Fatih Srimulya OKI menemukan bahwa instrumen penilaian yang digunakan belum berorientasi pada keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan asesmen berbasis keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Syabab AlFatih Srimulya OKI yang berjumlah 193 orang sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 65 orang. Penelitian ini dilakukan pada Desember 2019 di SMP Syabab Al-Fatih Srimulya OKI. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, asesmen yang dikembangkan telah layak untuk mengukur keterampilan berpikir kritis karena talah melewati dua tahapan yaitu tahap pertama validasi ahli dengan skor rata-rata 91% pada soal berpikir kritis dan 84% pada angket pengaturan diri dengan kategori sangat layak. Tahap kedua uji coba produk dengan hasil memenuhi kriteria valid dan reliabel serta memiliki daya pembeda dengan kategori cukup, tingkat kesukaran dengan kaegori sedang dan kualitas pengecoh dengan kategori baik serta sesmen yang dikembangkan telah memiliki karakteristik berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan dan pengaturan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Valid Reliabel
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 01:18
Last Modified: 23 Jan 2020 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item