DEVI, SRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PENUTUP .pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Tipe Student Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sebelum diterapkan model pembelajaran Tipe Student Achievement Division (STAD) MI Ma’had Islamy Palembang. 2) untuk mengetahui bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sesudah diterapkan model pembelajaran Tipe Student Achievement Division (STAD) kelas V MIMa’had Islamy Palembang. 3) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Tipe Student Achievement DivisionPada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian eksperimen.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V sampel diambil dari polulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrument tesberupasoal pilihan ganda berjumlah 10 item soal dan nontes yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menerapkan model pembelajaran Tipe Student Achievement Division (STAD) di Madrasah Ibtida’iyahMa’had Islamy Palembang mendapatkan mean sebesar 32. Sedangkan hasil presentase hasil belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (18%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (77%), dan tergolong rendah 1 orang siswa (5%). 2)Hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran Tipe Student Student Achievement Division (STAD) mendapatkan mean sebesar 77. Sedangkan presentase hasil belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (18%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (69%), dan tergolong rendah 3 orang siswa (5%).3) Pengaruh Student Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia , hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu: dari proses membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terhadap hasil belajar tipe studentstudent achievement division (stad) mata pelajaran bahasa indonesia |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:16 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6004 |
Actions (login required)
View Item |