ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

PUSPITASARI, NIA (2019) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1 fix.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V fix.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah tolok ukur kemajuan suatu bangsa, bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai sumber daya manusia yang cerdas. untuk menilai kualitas SDM suatu bangsa secara umum dapat dilihat dari mutu pendidikan bangsa tersebut. Pendidikan adalah faktor penentu kemajuan bangsa pada masa depan. Salah satu diantaranya adalah kurikulum karena kurikulum merupakan hal penting dalam sistem pendidikan Indonesia yang disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran Fikih kelas V di MI Munawariyah Palembang, Apa saja kendala yang dihadapi guru dan bagaimana upaya guru mengatasi kendala tersebut dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran Fikih kelas V di MI Munawariyah Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 guru kelas V pada pembelajaran Fikih di MI Munawariyah Palembang dan untuk mengetahui kendala dan upaya dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran Fikih di MI Munawariyah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Alat pengumplan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu menggunakan redksi data, penyajian data, dan verifikasi. data dibutuhkan peneliti untuk menganalisis data yang diperoleh dapat dipahami data dalam penelitian kualitatif dianalisis secara terus-menerus, mulai dari perumusan masalah, saat terjun di lapangan, hingga penulisan hasil penelitian. Kompetensi pedagogik yang harus dikuasai guru adalah pemahaman terhadap pesera didik. Guru harus memahami karaktersitik peserta didik dan prinsip-prinsip perkembangan kepribadian peserta didik agar dapat mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki siswa. Kendala yang dihadapi yaitu masalah penilaian dan sumber belajar. Upaya yang dilakukan yaitu dengan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengajak guru untuk berpartisifasi dalam mengikuti worksop yang diadakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik kurikulum 2013
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:16
Last Modified: 23 Jan 2020 08:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item