KARTINAH, SITI (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 6 AIR KUMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 6 Air Kumbang, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas IV SDN 6 Air Kumbang pada mata pelajaran IPA, (3) untuk mengetahui pengaruh hasil penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 6 Air Kumbang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, karena penelitian ini diberikan satu perlakuan (treatmen) untuk membuktikan aspek tertentu yang dijadikan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan true eksperimental design (eksperimen yang betul-betul), dengan desain berbentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 6 Air Kumbang. Jenis penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik penelitian populasi karena seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa (1) proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dapat terlaksana dengan baik, (2) hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri tergolong rendah dan setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri tergolong tinggi, (3) antara skor posttest sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri terdapat pengaruh, hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan perolehan nilai rata-rata (mean) kelas IV.B (kelas eksperimen) yaitu 81,75 dibandingkan dengan nilai ratarata kelas IV.A (kelas kontrol) yaitu 55,25. Dengan membandingkan besarnya “t” maka diperoleh dalam perhitungan (to= 7,08) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel (tt.ts 5%= 2,09) dan (tt.ts 1% = 2,86) maka dapat kita ketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari pada tt yaitu: 2,09< 7,08 >2,86. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat dikatakan bahwa Ho yang diajukan ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Hasil Belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:20 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:20 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6025 |
Actions (login required)
View Item |