PENGARUH PENERAPAN MEDIA POHON BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG

SAKIMANSYAH, SAKIMANSYAH (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA POHON BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi maslah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Ahliya IV, adapun judul skripsi yang akan dibahas ialah “Pengaruh Penerapan Media Pohon Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematikan Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan media Pohon Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika dikelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV?. Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Media Pohon Berhitung pada mata pelajaran Matematika untuk kelas lll di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV?. Bagaimana hasil belajara siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan Media Pohon Berhitung pada mata pelajaran Matematika untuk kelas lll di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV?. Dan Bagaimana pengaruh Media Pohon Berhitung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas lll di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang. populasi dalam penelitan ini adalah seluruh kelas IV Ahliya IV yang berjumlah 46 orang siswa, dalam penelitan ini yang dijadikan sempe yaitu 23 orang siswa. Penelitian merupakan jenis penelitian eskperimen dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan tes, dalam penelitian kelas III yang menjadi sempel peneltian yang berjumlah 23 orang Hasil penelitian ini dihitung dengan rumus uji t. nilai Post-tes siswa kelas Ekpriemen tertinggi sejumlah 9 sedangkan siswa yang mendapatkan nilai rendah berjumlah 3 orang, sedangkan untuk nilai post-test siswa kelas kontrol yang mendapatkan nilai tertinggi sejumlah 3 orang, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai rendah berjumlah 3 orang, berdasarkan analisi data dengan menggunakan rumus uji t ternyata terdapat pengaruhu signifikan dalam menggunakan media pembelajaran Pohon Berhitung berdasarkan penelitian yagn telah dilakukan maka didapatkan data sebagai berikut yaitu Penguji menggunakan uji dua sisi dengan signifikan baik pada taraf 5% sebesar 2,07 maupun taraf signifikan 1% diperoleh 2,83 dengan df (n-1) atau (23-1)=22. Dengan membandingkan besar “t” yang tercantum pada tabel 5% = 2,07 dan tabel 1% = 2,83 , maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari Tt:2,07 <,8,19 > 2,83

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pohon Berhitung Hasil Belajar Matematika
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:21
Last Modified: 23 Jan 2020 08:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6028

Actions (login required)

View Item View Item