BELLA, MIRA (2019) PENERAPAN MODEL MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 1 PAMPANGAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1 a.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
Bab kesimpulan dan saran.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “penerapan model moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 1 Pampangan” dilatar belakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, setiap sekolah melakukan inovasi-inovasi baru, salah satunya yaitu menggunakan model moving class yang dapat membantu guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran siswa bisa menikmati pembelajaran yang menyenangkan, dan mudah menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru serta siswa merasa lebih nyama dengan proses pembelajaran yang dilakukan, siswa memerlukan suasana, tempat, dan kondisi baru sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa yang tidak diterapkannya model moving class pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 1 Pampangan, (2) Bagaimana motivasi siswa yang diterapkan model moving class pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam VII SMP Negeri 1 Pampangan, (3) Adakah Pengaruh dari penerapan model moving class terhadap motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Pampangan. Metode Penelitian yang digunakan adalah teknik kuantitatif menggunakan metode true experimental design dengan bentuk post-test only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pampangan Tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 (kontrol) dan kelas VII.5 (eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dengan penerapan model moving class. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian yang ini menunjukkan bahwa hasil analisis nilai uji-t diperoleh nilai thitung> ttabel atau 6,17>1,67 pada taraf signifikasi 5 %. Maka H0 ditolak yang artinya ada pengaruh dari penerapan model moving class terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 1 Pampangan. Hal ini juga terlihat dari partisipsi siswa yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan model moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 02:52 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 02:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6060 |
Actions (login required)
View Item |