WIJAYANTI, RENI (2019) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI PAUD WIKA PERTIWI KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR TAHUN AJARAN 2019-2020. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak di PAUD Wika Pertiwi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun Ajaran 2019-2020”. Dilatar belakangi dengan adanya kompetensi sosial guru yang kurang memberikan perhatian dalam belajar serta kedekatan dan komunikasi dalam belajar terlihat kurang adanya kedekatan, akibatnya motivasi belajar anak belum terlihat pada seluruh anak terdapat anak yang tidak serius saat mengikuti pembelajaran, serta cara belajar anak tidak kondusif dan kurangnya minat anak untuk mengikuti perlombaan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru, bagaimana motivasi belajar anak yang diajar oleh guru berkompetensi sosial dan motivasi belajar anak yang tidak diajar oleh guru berkompetensi sosial, dan adakah pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar anak di PAUD Wika Pertiwi Kecamatan Lempuing OKI. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar anak di PAUD Wika Pertiwi Kecamatan Lempuing OKI. Metode ini menggunakan penelitian komparasi, dengan pendekatan penelitian kuantitatif teknik analisis komparasional. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 20 anak di PAUD Wika Pertiwi . Dalam penelitian ini analisis data menggunakan Tes “t”. Berdasarkan hasil yang diketahui bahwa adanya perbedaan kompetensi sosial guru kearah yang lebih baik, adanya perbedaan motivasi belajar anak yang meningkat cukup baik yang diajar oleh guru berkompetensi sosial, dan adanya pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar anak di PAUD Wika Pertiwi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Hal ini terbukti dengan membandingkan hasil “t” yang tercantum pada tabel Nilai t ( 2,10 dan 2,88) Setelah dilakukan analisis data, maka diperoleh nilai = 10,58. Maka dapat kita ketahui bahwa adalah lebih besar dari pada ; yaitu 2,10<10,58>2,88. Dengan demikian Hipotesis Alternatif di terima. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar anak yang diajar oleh guru berkompetensi sosial lebih baik dari motivasi belajar anak yang tidak diajar oleh guru berkompetensi sosial. Ini berarti adanya pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar anak di PAUD Wika Pertiwi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi sosial guru motivasi belajar anak |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 03:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 03:10 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6117 |
Actions (login required)
View Item |