IMPLEMENTASI MODEL LIVING VALUES EDUCATION (LVE) BERBASIS AKTIVITAS KETELADANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG

WATI, SUKMA (2019) IMPLEMENTASI MODEL LIVING VALUES EDUCATION (LVE) BERBASIS AKTIVITAS KETELADANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Merosotnya nilai kehidupan pada generasi muda, tak luput dari permasalahan hilangnya nilai tanggung jawab pada peserta didik. Nilai kejujuran adalah harga yang mahal sebab ketidakperdulian terhadap sesama. Sehingga sangat jarang nilai kedamaian dijadikan sebagai basis keteladanan. Semua tergantung pada lingkungan belajarnya. SMP Negeri 18 Palembang turut serta dalam menjalankan visi sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI melalui model LVE berbasis aktivitas keteladanan dan dapat menemukan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya tercapainya pendidikan nilai di SMP Negeri 18 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan suasana atau situasi yang tercipta pada saat guru melaksanakan aktivitas menghidupkan pendidikan nilai berbasis aktivitas keteladanan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif aktif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan tiga tahap yaitu display data, reduksi data, dan verifikasi. Setelah itu, data diuji kredibilitasnya dengan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: implementasi model LVE berbasis aktivitas keteladanan pada pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 18 Palembang ini sudah berjalan baik, baik dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan menekankan nilai tanggung jawab, kejujuran, dan kedamaian pada materi Mengimani Allah Swt., melalui Asmaul Husna. Hal ini didukung oleh sarana dan prasarana, keteladanan guru, dan keteladanan teman. Meskipun demikian faktor pendukung tersebut juga menjadi kendala seperti kurangnya sarana prasarana, tidak meratanya guru teladan, tidak meratanya keteladanan teman, dan kurang adanya pengawasan budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model living values education (lve) aktivitas keteladanan pendidikan agama islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:53
Last Modified: 29 Jan 2020 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item