PENGARUH PENDEKATAN REFLECTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

AFRIANTI, NITA (2019) PENGARUH PENDEKATAN REFLECTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Pendekatan Reflective Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkannya pendekatan Reflective Learning pada mata pelajaran PAI di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan Reflective Learning pada mata pelajaran PAI di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang? Adakah pengaruh pendekatan Reflective Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang? Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan reflective learning serta untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan reflective learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perilaku jujur dan adil di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Design yaitu melakukan pengukuran (pretest), lalu dekanakan perlakuan untuk jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukura kedua(posttest). Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini mengenai jumlah siswa, data hasil belajar, serta jumlah sarana dan prasarana yang dimiliki SMP Negeri 3 Palembang, sedangkan data kualitatif berkenaan dengan hasil wawancara guru dan kepala tata usaha SMP Negeri 3 Palembang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang sebanyak 13 kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.3 yang berjumlah 36 siswa. Teknik penumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan soal pretest dan posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis statistik dengan menggunakan uji- t atau test “t”. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan pendekatan reflective learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang sebesar 52,72 yang termasuk dalam kategori kurang baik. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan reflective learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang sebesar 74,92 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8,54. Maka didapatkan nilai t¬hitung > ttabel (pada taraf signifikan 5%) yaitu 8,54 > 1,69092. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan positif yang signifikan antara penerapan pendekatan reflective learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Palembang, atau (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: reflective learning hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:02
Last Modified: 31 Jan 2020 06:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item