APRIANI, RUSMA (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI SISWI MEMAKAI JILBAB DI LUAR SEKOLAH KELAS X DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Sebagai khalifah, manusia memiliki dua potensi. Kedua potensi tersebut adalah potensi jasmaniah dan potensi ruhaniah. Dengan kedua potensi tersebut, manusia diharapkan dapat memanfaatkan potensi-potensi yang ada di dalam dirinya untuk mengamalkan segala sesuatu yang menjadi perintah Allah SWT. Termasuk perintah Allah kepada kaum perempuan adalah untuk menggunakan jilbab. Tujuan tersebut perlu adanya peran guru yang bisa memotivasi siswi untuk terbentuknya manusia yang bertaqwa, cerdas, terampil, berbudi pekerti luhur, bertanggung jawab terhadap dirinya dan masyarakat guna terciptanya kebahagian dunia akhirat. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah kelas x di SMA Negeri 22 Palembang? Apakah ada hubungan antara peran guru Pendidikan Agama Islam dengan motivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah kelas x siswi di SMA Negeri 22 palembang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah kelas X SMA Negeri 22 Palembang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini yaitu diharapkan berguna agar menjadi bahan masukan, mendapatkan pengetahuan serta pemahaman mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah, Khususnya mengenai motivasi memakai jilbab diluar sekolah. Diharapkan penelitian ini berguna bagi sekolah, siswa-siswi dan para guru khususnya di SMAN 22 Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Kemudian untuk medapatkan hubungan variable peran guru Pendidikan Agama islam dengan motivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah menggunakan rumus TSR dan Rumus Product Moment. Setelah menganalisaan data maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian ini adalah pertama peran guru Pendidikan Agama Islam dikategorikan kuat dalam memotivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah kelas x di SMAN 22 Palembang dapat dikategorikan kuat. Terakhir terdapat hubungan positif yang signifikan antara peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah kelas x di SMAN 22 Palembang yakni pada taraf 5% (0,273) dan 1% (0,354) sedangkan rxy= 0,75 (0,273 < 0,75 > 0,354). Berdasarkan analisa data ini dapat diketahui bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam ada hubungan dengan motivasi siswi memakai jilbab di luar sekolah SMA Negeri 22 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru pendidikan agama islam memotivasi memakai jilbab di luar sekolah |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 04:54 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 04:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6178 |
Actions (login required)
View Item |