FITRIYANI, FITRIYANI (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MINDJET MINDMANAGER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dengan menggunkan aplikasi mindjet mindmanager terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only contol design. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang dengan populasi seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga didapat kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan perlakuan yaitu metode mind mapping dengan menggunkan aplikasi mindjet mindmanager dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode konvensional. Pelaksanaan penelitian di kelas eksperimen dilakukan selama empat kali pertemuan, yaitu satu pertemuan pertama untuk penejelasan aplikasi mindjet mindmanger, dua pertemuan untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dengan menggunkan aplikasi mindjet mindmanager dan satu pertemuan terakhir untuk melaksanakan penyebaran angket dan di kelas kontrol juga dilakukan selama tiga kali pertemuan, yaitu dua pertemuan untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional dan satu pertemuan terakhir untuk melaksanakan penyebaran angket. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan observasi guna melihat motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis hasil angket dan observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Ini berarti bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan metode mind mapping dengan menggunkan aplikasi mindjet mindmanager. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil angket menghasilkan t_(hitung )=3,5941 dan t_(tabel )=1,67022, sehingga t_(hitung )>t_(tabel ) yang menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima dan juga dibuktikan dari hasil observasi bahwa tingkat rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen mencapai 81,25% (sangat termotivasi) sedangkan untuk tingkat motivasi belajar siswa kelas kontrol mencapai 50,48% (cukup termotivasi) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada metode mind mapping dengan menggunakan aplikasi mindjet mindmanager terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode mind mapping aplikasi mindjet mindmanager motivasi belajar matematika siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 04:45 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 04:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6235 |
Actions (login required)
View Item |