KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ALUMNI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYAH SEKAYU MUSI BANYUASIN

I. M., FATIMAH ZAHRO (2014) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ALUMNI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYAH SEKAYU MUSI BANYUASIN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
KESELURUHAN OK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL sd ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, merupakan faktor utama dalam pencapaian tujuan pengajaran, keterampilan peguasaan proses pembelajaran ini sangat erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab guru sebagai pengajar dan pendidik. Secara sempit dapat diinterprestasikan sebagai pembimbing atau belajar fasilitator belajar siswa. Adanya peningkatan dalam mutu pendidikan tidak terlepas dari peran guru sebagai unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan. Maka dari itu penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Kompetensi Profesional Guru Alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu Musi Banyuasin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kompetensi profesional guru alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu Musi Banyuasin. Penelitian ini juga untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang menghambat dan mendukung guru alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan upaya sekolah yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru alumni STAI Rahmaniyah Sekayu. Cara mendapatkan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di gunakan adalah alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu, yang berprofesi sebagai guru di lingkungan kota Sekayu. Data kualitatif berupa kompetensi profesional guru, sikap guru terhadap faktor pendukung dan penghambat dan sikap guru terhadap upaya sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan data kuantitatifnya adalah jumlah alumni, jenis guru, jumlah unsur pimpinan sekolah, teman sejawat dan jumlah siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kualitas kompetensi profesional guru alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah Sekayu belum semuanya memenuhi standar kompetensi profesional sebagaimana yang dikehendaki dalam beberapa literatur atau acuan normatif.Oleh karena itu upaya pembinaan dan pengembangan kompetensi profesional guru alumni STAI Rahmaniyah Sekayu merupakan kebutuhan yang perlu mendapatkan penanganan serius. Beberapa faktor pendukung kompetensi profesional guru alumni STAI Rahmaniyah Sekayu yaitu adanya wadah pembinaan kompetensi guru dan kepala sekolah, Kesadaran masyarakat terhadap penyelenggara pendidikan, pembinaan intern sekolah baik dilakukan kepala sekolah maupun pengawas mata pelajaran PAI, dimilikinya rumusan visi misi dan strategi pencapaian, pola kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dan inovatif. Sedangkan faktor penghambat adalah guru sulit merubah tradisi lama, guru yang kurang disiplin dan belum meratanya kompetensi guru PAI. Beberapa upaya sekolah untuk pengembangan kompetensi guru; kepala sekolah memberdayakan kegiatan rutin melalui supervisi kelas, melakukan pembinaan rutin dan inten di sekolah, pengembangan pola reward (penghargaan) atas kinerja guru yang berprestasi dan memberikan teguran terhadap guru yang bermasalah, memberdayakan kegiatan MGMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, penghambat dan pendukung, upaya sekolah
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:45
Last Modified: 11 Feb 2020 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6306

Actions (login required)

View Item View Item