AIRISKA, AIRISKA (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL KETERPADUAN (INTEGRATED MODEL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH IV PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2. BAB I.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnyaremaja dan anak-anak. Dengan pendidikan, anak-anak akan memiliki modal dasar untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan dan berwawasan serta memiliki keterampilan yang dapat menunjang kehidupan anak-anak selanjutnya.Terkait dengan pendidikan atau proses pembelajaran yang didalamnya adalah guru. Proses pembelajaran tidak terbatas pada kegiatan penyampaian materi pelajaran di kelas, tetapi lebih penting adalah bagaimana agar materi pelajaran yang diterima oleh siswa di kelas dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran tidak hannya berhentipada proses pencerdasan dan pengembangan intelektual yang bertumpu pada aspek kognitif, tetapi lebih merupakan pertumbuhan dan perkembangan bakat anak secara komprehensip. Didalam sebuah proses pembelajran dibutuhkan suatu pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, salah satu pembelajaran tersebut yaitu pembelajaran terpadu. Dari itu penulis mengambil judul “Pengaruh Penerapan Model Keterpaduan (Integrated Model) dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang. Peneliti ini terfokus kepada tiga permasalahan yaitu Bagaimana penerapan model keterpaduan (Integrated model) pada mata pelajaran IPS Terpadu?,Bagaimana hasil belajar siswa sebelum (Fre test) dan sesudah (post-test) diterapkan model keterpaduan (integrated model) pada mata pelajaran IPS Terpadu? Dan Apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Keterpaduan (Integrated Model) dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada mata pelajaran IPS Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang? Dalam mengambil objek penelitian, penulis mengambil populasi kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Untuk mengambil data, penulis menggunakan data kuantitatif, untuk mengumpulkan data-data penulis menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, setelah data tersebut dikumpulkan kemudian direkapitulasi selanjutnya dianalisis menggunakan rumus statistik tes “t”. Hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa penerapan model Keterpaduan (Integrated Model) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, karena berdasarkan perbandingan “t” yang terdapat pada to adalah lebih besar dari pada “t” table, baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% 2,09 < 10,60 > 2,84. dengan demikian dapat dipahami bahwa penerapan model keterpaduan (Integrated Model) pada mata pelajaran IPS terpadu kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang akan mempengaruhi hasil belajar yang mereka peroleh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model keterpaduan (integrated model) pembelajaran tematik thasil belajar siswa ips terpadu |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 02:07 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 02:07 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6327 |
Actions (login required)
View Item |