HERNITA, HERNITA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH BINDU KECAMATAN PENINJAUAN OGAN KOMERING ULU BATURAJA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
d. BAB I.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
h. BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Non Directive dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Islamiyah Bindu Kecamatan Peninjauan Ogan Komering Ulu Baturaja”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. (3) mengetahui ada peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Islamiyah Bindu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Bindu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa kelas XI MIA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus TSR dan persentase. Selanjutnya menghitung uji-t. Variabel bebas dalam penelitian ini Penerapan model pembelajaran Non Directive (x) dan variabel terikatnya hasil belajar siswa (y). Hasil penelitian: Setelah dianalisis melalui rumus TSR hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Non Directive dikelas XI MIA tergolong sedang karena dari 32 siswa terdapat 6 siswa 18,75% tinggi, 22 siswa 68,75% sedang dan 4 siswa 12,5% rendah. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Non Directive di kelas XI MIA tergolong tinggi karena dari 32 siswa terdapat 14 siswa 43,75% tinggi, 12 siswa 37,5% sedang dan 6 siswa 18,75% rendah. Terdapat peningkatan signifikan ”hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Non Directive dengan peningkatan hasil belajar thitung sebesar 5,041 nilai ini jauh lebih besar dari nilai ttabel pada taraf 5% yaitu 2,040 hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 2,040 < 5,041 > 1,696. Maka dengan demikian hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran non directive hasil belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 07:27 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 07:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6376 |
Actions (login required)
View Item |