MAGHPIR, MAGHPIR (2014) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MENARA FITRAH INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Perangkat Pra BAB.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 MBS Revisi Munaqasyah Terbuka untuk Penjilidan (MBS) .pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 Revisi Munaqhasah Terbuka untuk Penlilidan (MBS).pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MENARA FITRAH INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Manajemen Berbasis Sekolah yang ada di SDIT Menara Fitrah Indralaya terfokus pada kurikulum, proses, peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Penelitian ini dianggap penting didorong oleh karena SDIT Menara Fitrah Indralaya sebagai sekolah umum tingkat dasar namun kurikulum dan programnya dalam bentuk pendidikan Islam. Selain itu SDIT Menara Fitrah merupakan satu-satunya sekolah dasar dengan tipe Islam terpadu di Kabupaten Ogan Ilir. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan pokok permasalahan dengan mengajukan pertanyaan berupa bagaimanakah implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDIT Menara Fitrah Indralaya? Apa kendala implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDIT Menara Fitrah Indralaya? Metode penelitian yang dipergunakan adalah dengan pendekatan kulitatif, yang didasarkan atas tujuan untuk memperoleh gambaran yang realistis-holistik pada konsep implementasi manajemen berbasis sekolah di SDIT Menara Fitrah Indralaya. Sumber data berbentuk tulisan pada penelitian ini adalah sumber dokumen berupa buku, karya ilmiah, maupun lembaran-lembaran catatan yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data tak tertulis adalah kepala sekolah, guru-guru, serta orang yang dianggap berhubungan dengan implementasi manajemen berbasis sekolah di SDIT Menara Fitrah Indralaya. Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa kesimpulan dapat dirumuskan, bahwa implementsi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SDIT Menara Fitrah Indralaya meliputi beberapa aspek. Pertama aspek kurikulum dengan mata pelajaran dan program-program yang kental dengan nilai-nilai Islam. Kedua aspek proses yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan motivasi adanya proses pembelajaran yang mengkondisikan peserta didik belajar dengan berpartisifasi aktif dan mandiri. Ketiga aspek peserta didik, yaitu menjadikan peserta didik yang muttaqin yang cerdas, berakhlak mulia, dan memiliki keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia. Keempat aspek pendidik dan kependidikan dengan bekerja secara profesional dan memiliki kompetensi serta memposisikan diri sebagai sosok panutan di sekolah. Kelima aspek sarana prasarana sudah cukup lengkap dalam menunjang proses pendidikan. Keenam aspek pengelolaan melalui perencanaan yang jelas, serta dilaksanakan dengan membentuk satu kesatuan yang saling berkoodinasi antar seluruh komponen sekolah. Ketuju aspek pembiayaan, pemasukan dana dari peserta didik, BOS APBN, serta infaq masyarakat yang dikelola dengan standar yang telah atur oleh JSIT. Kedelapan aspek penilaian melalui supervisi dan inspeksi yng dilakukan oleh kepala sekolah secara terjadwal serta evaluasi terhadap hasil belajar dan program yang dilakukan oleh guru-guru. Secara umum implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDIT Menara Fitrah Indralaya menurut penulis sudah cukup baik dan mampu mengimbangi perkembangan dunia pendidikan saat ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014 |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Proses, Peserta didik, Pendidik dan Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 02:32 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 02:32 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6381 |
Actions (login required)
View Item |