NILA, ARYANI (2014) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BETUNG KABUPATEN BANYUASIN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Cover Nila (1).pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 (1).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 (2).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5 (1).pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Judul Tesis: IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BETUNG KABUPATEN BANYUASIN Kepala Madrasah harus mampu melakukan tugas-tugas pengawasan dan pengendalian. Pengawasan (supervisi) ini meliputi supervisi manajemen dan juga supervisi dalam bidang akademik. Sepervisi manajemen artinya melakukan pengawasan dalam bidang pengembangan keterampilan dan kompetensi adminstrasi dan kelembagaan, sementara supervisi akademik adalah melakukan pengawasan dan kendali terhadap tugas-tugas serta kemampuan tenaga pendidik sebagai seorang guru. Karenanya Kepala Sekolah/Madrasah juga harus mempunyai kompetensi dan keterampilan profesional, memiliki kepribadian yang baik, memiliki pemahaman tentang pedagogik, dan memiliki kompetensi sosial sehingga dapat berkomunikasi dengan baik sebagai guru, yang pada akhirnya Kepala Sekolah/Madrasah mampu memberikan supervisi yang baik kepada bawahannya. Karenanyasetiap guru dituntut untuk berkinerja secara optimal sesuai dengan kompetensi dan profesionalitas di bidangnya atau setidaknya mampu menguasai dan dapat melaksanakan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Betung Kabupaten Banyuasin, untuk mengetahui tentang kinerja guru di MTs Negeri Betung Kabupaten Banyuasin, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di MTs Negeri Betung Kabupaten Banyuasin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, merupakan data pokok yang diperoleh dari Kepala Madrasah, para guru dan pegawai.Data diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Data skunder, merupakan data pendukung yang diperoleh dari buku-buku, peraturan-peraturan yang tertulis, arsip-arsip, program-program Kepala Madrasah dan guru, format-format dan jadwal-jadwal kegiatan pembelajaran dan supervisi. Dari hasil analisis diketahui bahwa Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di MTs Negeri Betung Kabupaten Banyuasin diperhatikan dari tiga kegiatan supervisi yang dilakukan Kepala Madrasah yakni kegiatan sebelum proses supervisi, kegiatan pelaksanaan supervisi, dan kegiatan sesudah supervisi.Kinerja Guru Di MTs Negeri Betung Kabupaten Banyuasin yang diperhatikan adalah kegiatan sebelum proses belajar mengajar, kegiatan proses belajar mengajar, dan kegiatan sesudah proses belajar mengajar. Terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah dan pelaksanaan proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 08:16 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6426 |
Actions (login required)
View Item |