AFRIANI, JULIA (2020) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan bentuk the posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siwa pada materi aljabar di kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Dari delapan kelas diambil dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII A dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan selama masing-masing tiga kali pertemuan, dua kali untuk pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk soal post-test. Data penelitian dikumpulkan melalu tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Shapiro Wilk melalui SPSS 21. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari nilai (0,05) yang menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik indonesia terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di MTs Patra Mandiri Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pmri kemampuan berpikir kreatif matematis siswa aljabar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 08:55 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6434 |
Actions (login required)
View Item |