AHMAD, FA1SOL (2014) PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA DALAM TINJAUAN HADITS TARBAWI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
daftar isis tesis.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
tesis ahmad faisol ok.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis yang berjudul ”Pendidikan Karakter di Indonesia Dalam Tinjauan Hadits Tarbawi” merupakan Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang berdasarkan pada kerangka teori, konsep dan rumusan yang sesuai dengan penelitian dengan memfokuskan pada rumusan masalah yaitu: Bagaimana konsep pendidikan karakter di Indonesia dalam tinjauan Hadits Tarbawi. Dalam penelitian ini merupakan penelitian pustaka (liberary research). penelitian ini diawali dengan pengumpulan data-data tentang pendidikan karakter di Indonesia yang berhubungan dengan karakter dalam tinjauan Hadits Tarbawi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berdasarkan pada kerangka teori, konsep dan rumusan yang sesuai dengan penelitian. Jenis data yang di gunakan, data primer dan sekunder. Data primer yang dimaksudkan di sini adalah sumber pokok yang diperlukan untuk diteliti berasal dari Kitab Hadits Sahih Bukhari Muslim, dan Kitab Ringkasan Hadits Shahih Al- Bukhari, Mutiara Hadits Sahih Bukhari Muslim serta Al-Muwatta’ Imam Malik Ibn Anas. Sedangkan data sekunder merupakan data penunjang dari data primer dalam menjawab serta menganalisis data yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Data sekunder dalam penelitian ini semua hal yang berkaitan dengan penelitian ini baik berupa buku-buku pendukung serta buku tentang pendidikan karakter seperti, Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan), Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Dalam Membangun Bangsa. Untuk mengumpulkan data tersebut peneliti menggunakan metode yang sesuai dengan pendekatan penelitian kualitatif yaitu metode kualitataif. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukan pertama: Untuk mewujudkan generasi yang memiliki karakter yang baik dalam kehidupannya, diperlukan penanaman nilai-nilai karakter dalam kepribadian anak,nilai tersebut, nilai aqidah, akhlak, dan ilmu. serta konsep dan metode pendidikan karakter Islami, yang mengacu kepada al-Qur’an dan Hadis. Kedua: Adanya persamaan antara pendidikan karakter di Indonesia yang nilai- nilai yang di kembangkan sesuai dengan hadits tarbawi yang memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi dan fitrah setiap anak didik, agar anak memiliki pola pikir yang baik. Potensi tersebut yang berhubungan dengan akidah, akhlak dan ilmu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 07:39 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6441 |
Actions (login required)
View Item |