Ali, Nasrun (2012) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KOTA BENGKULU. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
INSYA-ALLAH,TESIS UTK UJIAN OK BARU (1).pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
PERANGKAT TESIS HALAMAN RUMAWI (1).pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KOTA BENGKULU” merupakan tesis pada Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bengkulu. Karena Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh seorang guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kemerosotan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah umum dewasa ini diasumsikan bukan karena perubahan-perubahan kurikulum tetapi salah satu disebabkan oleh rendahnya profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI), antara lain pada aspek pedagogik. Hal ini diduga juga terjadi pada guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bengkulu. Oleh karena itu amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalitas guru. Konsekuensi dari pelaksanaan undang-undang dan peraturan-peraturan pemerintah tersebut secara ekonomi akan membawa perubahan positif bagi kesejahteraan guru dan dosen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bengkulu serta informan terkait lainnya. Pengumpulan data dalam hal ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta angket. Sedangkan pengolahan data di sini mengikuti konsep Miles dan Huberman, yakni dimulai dengan pengumpulan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bengkulu sudah cukup baik. Namun masih ada beberapa masalah seperti latar belakang pendidikan dan kualifikasi akademik, penguasaan kompetensi dasar, kemampuan guru dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, serta kesempatan guru dalam mengikuti pendidikan dan latihan profesi. Diketahui juga di sini bahwa beban tugas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang cukup padat (24 jam = 12 lokal x 35 s.d. 42 siswa). Indikator profesionalitas guru belum menjadi ”standar” dalam penerimaan guru, latar belakang pendidikan dan kualifikasi akademik yang tidak sesuai dengan profesi, pendidikan dan latihan (diklat) profesi guru yang tidak merata, dan tingkat kesejahteraan guru yang masih rendah. Faktor yang berperan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bengkulu antara lain adanya visi misi sekolah yang jelas, adanya sistem pembinaan internal yang rutin dilakukan sekolah, memberikan kesempatan serta memotivasi kepada guru untuk terus dapat meningkatkan kompetensi pedagogiknya melalui berbagai wadah dan kegiatan. Dan mencarikan solusi tepat untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang dihadapi guru dalam meningkatkan profesionalitasnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2012 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 08:21 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:21 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6443 |
Actions (login required)
View Item |