PENGARUH PENERAPAN METODE METAPHORMING TERHADAP KREATIVTAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 2 PALEMBANG

APRILIANTI, DWI RISKA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE METAPHORMING TERHADAP KREATIVTAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa dengan menerapkan metode pembelajaran metaphorming. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tingkat kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V A di MIN 2 Palembang yang menggunakan metode Metaphorming dalam pembelajaran? (2) Bagaimana tingkat kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V H di MIN 2 Palembang yang tidak menggunakan metode Metaphorming dalam pembelajaran? (3) Bagaimana pengaruh metode Metaphorming dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN 2 Palembang? Adapun metode dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode dokumentasi, obesrvasi dan angket. Berdasarkan metode penelitian tersebut maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan tingkat kreativitas siswa kelas eksperimen, dapat dilihat bahwa siswa yang memiliki tingkat kreativitas tinggi (baik) terdapat 5 siswa, yang memiliki tingkat kreativitas yang sedang terdapat 29 siswa, dan yang memiliki tingkat kreativitas yang rendah terdapat 4 siswa. (2) Dapat dilihat tingkat kreativitas siswa pada kelas kontrol yang memiliki tingkat kreativitas tinggi (baik) berjumlah 5 siswa, yang memiliki tingkat kreativitas sedang berjumlah 28 siswa, dan yang memiliki tingkat kreativitas yang rendah terdapat 4 siswa. (3) Hasil uji hipotersis dengan membandingkan hasil uji “t” yang diperoleh dalam hitungan (t0 =1,92)dan besarnya t yang di cantum pada table (tt ts 5% = 2,00) dan (tt ts 1% = 2, 65). Maka dapat kita ketahui bahwa t0 lebih kecil daripada tt, yaitu: 2,00 > 1,92 < 2,65, karena t0 lebih kecil daripada tt maka Hipotesis Nihil yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode metaphorming kreativitas ipa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:43
Last Modified: 24 Feb 2020 02:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6448

Actions (login required)

View Item View Item