PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP QUANTUM TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 2 BATURAJA OKU SUMATERA SELATAN

MUHAMMAD, YAHYA (2012) PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP QUANTUM TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 2 BATURAJA OKU SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
coper depan tesis.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 Tesis.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 Tesis (2).pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 Tesis (2).pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Baturaja OKU Sumatera Selatan” (suatu penelitian eksperimen, di kelas VIII. 4 Semester genap tahun pembelajaran 2011/2012). Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya nilai pelajaran Pendidikan Agama Islam, ini diakibatkan oleh penyampaian materi pelajaran yang menoton, metode yang tidak relevan lagi dan membosankan bagi para siswa, pembelajaran didominasi oleh guru, siswa kurang partisipasif dalam proses pembelajaran, hasil belajar siswa rendah karena tidak memenuhi KKM, sementara belum ditemukan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menyenangkan. Dengan penerapan prinsip-prinsip Quantum Teaching yang sudah dilakukan oleh peneliti lain, karena diyakini dengan penerapan model pembelajaran ini akan meningkatkan respon dan hasil belajar siswa. Di samping model ini memungkinkan untuk dilakukan, juga karakteristik materi PAI adanya keterpaduan baik materi maupun proses. Penelitian dilakukan mengacu kepada model Bobby DePorter. Adapun prinsip-prinsip Quantum Teaching yang dipakai dalam penelitian ini adalah mengacu pada lima prinsip yaitu: 1. Segalanya Berbicara, 2. Segalanya Bertujuan, 3. Pengalaman Sebelum pemberian Nama, 4. Akui Setiap Usaha, dan 5. Jika Layak dipelajari, Layak Pula Dirayakan. Dalam menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran Quantum Teaching tersebut salah satu model yang dapat diterapkan adalah model yang diberi istilah “TANDUR”, istilah TANDUR merupakan kepanjangan dari serangkaian aktifitas pembelanjaran yaitu: T: Tumbuhkan, A: Alami, N: Namai, D: Demontrasikan, U: Ulangi dan R: Rayakan. Alat pengumpul data yaitu obsesvasi, hasil belajar siswa (post test) dan kisi-kisi soal. Observasi untuk mengamati seluruh aktifitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil tes untuk mendapat data tentang hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran berakhir, sebelum melaksanakan post test terlebih dahulu disiapkan kisi-kisi soal yang sudah diuji validitas butir soal, reliabilitas tes, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dengan menggunakan rumus-rumus statistik. Hasil observasi dianalisis dengan kualitatif deskriptif, dan hasil data pretest dan post test dideskripsikan dengan tabel dan prosentase. Dari hasil data post test yang diperoleh diuji normalitas dan uji homogenitas setelah itu baru dilakukan uji beda dengan menggunakan program SPSS 16. melalui uji t yang sudah dilakukan, kemudian diberikan penilaian ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di kelas VIII. 4 SMP Negeri 2 Baturaja OKU Sumatera Selatan. Penerapan prinsip-prinsip Quantum Teaching, telah dilakukan dengan tiga kali pertemuan dengan menggunakan rancangan RPP Quantum Teaching dan RPP Konvensional, tahapan- tahapan yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, post test dan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan prinsip-prinsip Quantum Teaching pada pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 2 OKU Sumatera Selatan pada tahun pembelajaran 2011/2012 dengan materi iman kepada Rasul Allah ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Yang dibuktikan dalam bentuk data pretest dan posttest kelas eksperimen. Untuk lebih sempurna penerapan prinsip-prinsip ini, diharapkan perlu ada penelitian lanjutan dengan setting yang lebih luas dan lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2012
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:18
Last Modified: 27 Feb 2020 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item