PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (PAMERAN BERJALAN) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG

MADINA, MADINA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (PAMERAN BERJALAN) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah keadaan objektif yang ditemukan oleh peneliti bahwa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siswa kelas XI di MA Al-Fatah Palembang, penggunaan model pembelajaran yang cenderung kurang menarik perhatian siswa untuk belajar mata pelajaran Fiqih dan siswa terlihat pasif dalam proses belajar mengajar. Kemudian hal tersebut berdampak pada aktivitas belajar siswa yang kurang maksimal. Melihat permasalahan tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih menarik dan membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar (model pembelajaran gallery walk) yaitu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat suatu daftar baik berupa gambar maupun skema sesuai hal-hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi di setiap kelompok untuk dipajang di depan kelas. Setiap kelompok menilai hasil karya kelompok lain yang digalerikan, kemudian dipertanyakan pada saat diskusi kelompok dan ditanggapi. Penggalerian hasil kerja dilakukan pada saat siswa telah mengerjakan tugasnya. Dengan model pembelajaran gallery walk dalam belajar memungkinkan siswa akan lebih aktif dan tertarik untuk belajar sehingga aktivitas belajar siswa akan meningkat. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Gallery Walk (pameran berjalan) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di MA Al-Fatah Palembang serta bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Gallery Walk (pameran berjalan) di MA Al-Fatah Palembang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Untuk sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 31 siswa dan satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini adalah setelah menerapkan model pembelajaran gallery walk (pameran berjalan) dalam proses pembelajaran, terlihat aktivitas belajar siswa meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan uji “T” yang hasilnya sebesar 57,341. Dengan dk sebesar 60 diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (baik pada taraf signifikansi 5% dan 1% ), 2,000< 57,341>2,660. Dengan demikian, berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: “Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk (Pameran Berjalan) pada mata pelajaran Fiqih memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI di MA Al-Fatah Palembang” diterima dan hipotesis nihil (Ho ) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gallery walk (pameran berjalan) aktivitas belajar fiqih
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:27
Last Modified: 02 Mar 2020 08:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item