Ariani, Elia (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK (PROJECT METHOD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA PANGERAN AJI MENANGA KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Pendidik mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka seorang pendidik harus mempunyai banyak metode untuk mencapai tujuan itu, metode Proyek (Project Method) memiliki prosedur yang diterapkan secara berkelompok dengan menghadapkan siswa pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan metode Proyek (Project Method) pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga? Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah diterapkan metode Proyek (Project Method) di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga? Apakah ada pengaruh penerapan metode Proyek (Project Method) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga?. Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) yakni menjadikan siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga menjadi subyek penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 223 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang siswa kelas IV yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 31 orang perempuan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpul data yaitu: wawancara, dokumentasi dan angket. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama, penerapan metode proyek di kelas IV dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran IPA, dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA memberikan jawaban yang baik bahwa peneliti telah melaksanakan langkah-langkah metode proyek dalam proses pembelajaran dikelas. Narasumber juga memberikan tanggapan positif tentang penggunaan metode ini baik dan cocok untuk dilaksanakan pada pelajaran IPA yang menuntut banyak karya yang dibuat.Kedua, Motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode Proyek adalah 6 orang siswa 14 % tergolong tinggi, 29 orang siswa 67 % tergolong sedang, dan 8 orang siswa 19 % tergolong rendah. Sedangkan motivasi belajar siswa sesudah diterapkan metode Proyek adalah 9 orang siswa 21 % tergolong tinggi, 27 orang siswa 63 % tergolong sedang, dan 7 orang siswa 16 % tergolong rendah. Ketiga, Pengaruh penerapan metode Proyek terhadap motivasi belajar terdapat perbedaan yang signifikan,ini dapat dilihat dari perhitungan to= 14,04 lebih besar dari ttabel baik pada taraf 5 % = 2,02 dan 1 % = 2,69 , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan metode Proyek (Project Method) memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU TIMUR.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Method, motivasi belajar, penelitian lapangan. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 06:51 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 06:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |