PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI QURANIYAH 8 PALEMBANG

DEWI, NOVIANA (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI QURANIYAH 8 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah 8 Palembang, kedua untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah 8 Palembang. Subjek penelitianini adalah Guru kelas IV, V, VI, dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitianini, 1) Pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidiyah Quraniyah8 Palembang dibentuk melalui kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan di sekolah seperti guru memberikan teladan yang baik bagi peserta didik, memberikan nasihat dan penjelasan tentang nilai-nilai religius baik itu secara langsung ataupun menerapkan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, membiasakan peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah belajar, shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, bersedekah setiap hari jumat, menghafal Al-Quran, mengucapkan hamdallah ketika mendapat nikmat dari Allah SWT, rajin belajar, berkata jujur kepada orang lain, selalu menepati janji, tidak bersifat sombong, tidak datang terlambat, masuk kelas tepat waktu, tidak berkata kasar, hidup sederhana, menghormati orang lain, tidak membedakan-bedakan dalam pertemanan, peduli terhadap temannya yang sedang kesusahan, taat dan patuh kepada orang tua, selalu berbuat baik dan saling mengingatkan kebaikan serta saling tolong menolong sesama teman.2) Faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter religius ini terbagi menjadi dua, yaitu : (a) Faktor pendukung. Adapun faktor yang mendukung dalam pembentukan karakter religius yaitu adanya dukungan dari orang tua untuk mengikuti kegiatan tahfiz Al-Quran, teladan dari gurunya, kemauan dan kesadaran dari peserta didiknya sendiri, sarana dan prasarana yang memadahi, serta lingkungan sekitar yang mendukung. (b) Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dari orang tua, ada beberapa orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan rumah tahfiz karena di anggap mengganggu kegiatan belajarnya, tidak ada kemauan dari peserta didik itu sendiri serta lingkungan sekitar yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembentukan karakter religius
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:39
Last Modified: 17 Jun 2020 02:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item