PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BIJAK BERSOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DALAM BERKOMUNIKASI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang)

DESTAWINA, NENI (2020) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BIJAK BERSOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DALAM BERKOMUNIKASI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB II.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB IV.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Iklan layanan masyarakat Bijak Bersosial Media yang tayang di TRANSTV, hadir sebagai salah satu bentuk komunikasi massa, memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara massa dan serempak melalui televisi. Hal tersebut diangkat bukan tanpa alasan, sebab menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga We Are School, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, sebanyak 120 juta orang Indonesia menggunakan handphone atau smartphone untuk mengakses media sosial. Dalam sepekan, aktivitas online melalui smartphone mencapai 37 persen dengan rata-rata menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Pengaruh keberadaan iklan layanan masyarakat tersebut terhadap sikap dalam berkomunikasi sesuai dengan isi iklan, merupakan hal yang ingin diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat tersebut terhadap perilaku komunikasi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang, serta digunakan pula Teori Respon Kognitif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara serta kuisioner diolah dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Lalu di analisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa iklan layanan masyarakat Bijak Bersosial media berpengaruh positif terhadap Sikap dalam Berkomunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang sebesar 21,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:58
Last Modified: 19 Nov 2020 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7855

Actions (login required)

View Item View Item