UTAMI, NOVITA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) KELAS IV TEMA 6 CITA-CITAKU SUBTEMA 3 DI SD MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
cover ++.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) merancang bahan ajar berupa emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang, (2) menghasilkan bahan ajar emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid, (3) menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang praktis. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model Tessmer. Penelitian pengembangan Tessmer difokuskan pada dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping yang menggunakan alur formative evaluation. Tahap preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan pendesainan sedangkan tahap formative evalution yang meliputi self evaluation, prototyping (expert review, One-to-one, dan small group), serta field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 dengan jumlah reponden 9 orang. Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal ini terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) menghasilkan bahan ajar bahan ajar berupa e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid dilihat dari hasil angket validasi ahli desain diperoleh skor 79, ahli bahasa diperoleh skor 81, dan ahli materi diperoleh skor 99, serta dari hasil hasil validasi angket one to one diperoleh skor rata-rata 85, maka hasil rata-rata dari validasi angket pada tahap expert review dan one to one diperoleh skor 85 dengan kategori sangat valid, (3) menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang praktis dilihat dari hasil responden pada tahap small group dengan perolehan skor rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat praktis. Kata kunci : Bahan Ajar, Modul Elektronik, Contextual Teaching Learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 01:45 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 01:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8347 |
Actions (login required)
View Item |