IMPLEMENTASI APLIKASI AL-QURAN DIGITAL DALAM MENGATASI KECANDUAN SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SMP NEGERI 3 TANJUNG BATU

Olan,, . (2021) IMPLEMENTASI APLIKASI AL-QURAN DIGITAL DALAM MENGATASI KECANDUAN SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SMP NEGERI 3 TANJUNG BATU. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (898kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang dari adanya masalah yaitu (1) mayoritas siswa yang memiliki Smartphone, ketergantungan dengannya, (2) siswa lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain Smartphone daripada membaca Al-Quran, (3) banyak siswa menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, Internet, Game dan lain-lain, (4) siswa memiliki berbagai aplikasi sosial media dan game tapi jarang memiliki aplikasi Al-Quran digital, (5) kurangnya kesadaran siswa dalam membaca Al-Quran, (6) perlunya bimbingan dan mativasi oleh guru dalam membaca Al-Quran dengan aplikasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah siswa yang kecanduan smartphone pada proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Tanjung Batu, berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecanduan smartphone pada siswa di SMP Negeri 3 Batu didominasi oleh siswa laki-laki. Siswa laki-laki cenderung kecanduan pada aplikasi game, namun mereka juga membuka WA dan FB. Sedangkan siswa perempuan cenderung ketergantungan pada aplikasi media sosial, WA, FB, dan IG; (2) Penerapan aplikasi AlQuran digital dalam proses pembelajaran membaca AlQuran dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu dengan memperkenalkan aplikasi dan manfaatnya, memperkenalkan materi ayat AlQuran dan keguanaan membacanya, serta dilakukan dengan modifikasi metode belajar dari kelompok ke individu dan disertai pengkajian nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Aplikasi ini dapat diterapkan dengan cara pembiasaan membaca Al-Quran dan dibimbing oleh guru PAI. xv Rekomendasi yang peneliti sumbangkan dalam penelitian ini adalah aplikasi Al-quran digital dalam handhpne dapat membantu mengarahkan siswa untuk menggunakan handhponenya pada hal-hal yang positif, terutama untuk mendekatkan diri pada Allah, swt. Aplikasi Al-Quran digital dapat membantu mengatasi kecanduan smartphone pada siswa dan mampu meningkatkan kemampuannya membaca AlQuran. Aplikasi ini dapat diterapkan pada proses pembelajaran yang berlangsung karena siswa dapat mengikuti dengan optimal. Oleh karena itu, guru mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Tanjung Batu dapat menerapkan aplikasi ini dalam membaca Al-Quran. mengatasi perbuatan kecanduan smartphone pada penelitian ini dilakukan dengan metode bimbingan kelompok dan bimbingan individual, dengan pendekatan diskusi (wawancara pribadi), demosntrasi, dan pembiasaan membaca Al-Quran dengan tujuan untuk mengalihkan aktivitas siswa menggunakan smartphone untuk bermain game dan media sosial di sekolah dan di rumah dengan kebiasaan membaca Al-Quran melalui aplikasi Al-Quran digital. Siswa dibimbing dengan mengarahkannya untuk membaca secara sadar agar kebiasaan buruk bermain game secara berjam-jam menjadi berkurang dengan menggantinya membaca AlQuran Kata kunci: Kecanduan smartphone, Aplikasi Al-Quran digital, proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BL ??
?? BP ??
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 76102 - Studi Islam (S2)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:49
Last Modified: 23 Jul 2021 23:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item