FRAMING PEMBERITAAN GIBRAN RAKABUMING RAKA MENJELANG PILKADA DI KOTA SOLO PADA MEDIA ONLINE SOLOPOS.COM

Septiadi, Tri (2021) FRAMING PEMBERITAAN GIBRAN RAKABUMING RAKA MENJELANG PILKADA DI KOTA SOLO PADA MEDIA ONLINE SOLOPOS.COM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan fenomena pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Walikota Solo 2020 yang menyita perhatian publik. Wartawan media cenderung memberikan aksen tertentu terhadap suatu peristiwa dengan menempatkan isu-isu menonjol dalam suatu halaman berita tertentu, ukuran Headline yang diberikan untuk berita tersebut. Dalam media framing digunakan untuk melihat apakah media online tersebut berpihak terhadap berita yang diangkat atau memang berdasarkan kenetralan Solopos.com merupakan salah satu produk lokal media online yang populer dari Kota Solo yang banyak memberitakan isu pencalonan majunya Gibran Rakabuming Raka dalam pilkada dikota Solo. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teori analisis framing model Robert N Entman dengan empat perangkat yang digunakan; Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, Treatment Recommendation, metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil analisis Define Problem didefinisikan sebagai masalah politik, Diagnose Causes sumber masalah berasal dari majunya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Walikota Solo, Make Moral Judgement penilaian atas majunya Gibran Rakabuming Raka dalam keseluruhan berita Gibran dinilai membangun dinasti politik dan adapula yang menilai pencalonannya merupakan haknya sebagai warga Negara. Terhadap Isi berita Solopos.com berusaha membangun sebuah opini publik tentang bagaimana pandangan yang dilakukan oleh narasumber dalam memberi respon terhadap majunya Gibran di pilkada Solo 2020, sehingga opini itu seakan-akan sesuai fakta yang ditemukan dan hasil muatan informasi yang disajikan dominan bermuatan netral dan negatif. Penyebaran informasi dengan proporsi dominan dalam kategori netral dan negatif dapat mempengaruhi opini publik dan dapat dianggap sebagai cermin sebuah presepsi atau pandangan publik. Kata Kunci : Berita, Pilkada, Media

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? J1 ??
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Mar 2021 01:47
Last Modified: 30 Jul 2021 13:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8458

Actions (login required)

View Item View Item