REKONSTRUKSI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER (ANALISIS EPISTEMOLOGIS PEMIKIRAN IBN MISKAWAIH)

IHWANI, AHMAD (2021) REKONSTRUKSI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER (ANALISIS EPISTEMOLOGIS PEMIKIRAN IBN MISKAWAIH). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini diberi judul dengan “REKONSTRUKSI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS PEMIKIRAN IBN MISKAWAIH” adalah dilatar belakangi dengan situasi sekarang yang mana tingkah laku sebagai ciri dari karakter seseorang semakin hari semakin mengalami dekadensi. Padahal design ataupun konstruksi pendidikan karakter sudah lama diterapkan. Dengan adanya persoalan ini maka penulis tertarik untuk menganalisa dan melakukan suatu rekonstruksi terhadap pendidikan karakter yang secara epistemologis terhadap salah satu cendikiawan Islam abad pertengahan yakni Ibn Miskawaih. Yang dalam hal ini tidak diragukan lagi bahwa ia adalah tokoh peletak dasar etika Islam melalui salah satu karyanya yakni tahdzib al-akhlaq. Dengan demikian, maka permasalahan akan dirumuskan dengan dua pertanyaan, bagaimana konsep pendidikan karakter Ibn Miskawaih? dan bagaimana pendidikan karakter tersebut dapat direnkonstruksi secara epistemologis berdasarkan pemikiran pendidikan karakter Ibn Miskawaih. Jenis penelitian ini adalah kualitatif library research. Dengan demikian maka metode pengumpulan datanya tidak lain ialah dokumentasi. Setelah didapatkannya sumber primer yang otentik dan juga sumber sekunder atau sumber pendukung terkait penelitian ini, maka dilakukanlah proses analisa data yang diawali dengan pemrosesan satuan dan dilanjutkan dengan kategorisasi, yang diakhiri dengan penafsiran data. Hasil daripada penelitian ini adalah bahwa konsep pendidikan karakter Ibn Miskawaih sebenarnya dapat ditinjau secara ontologis, epistemologis dan aksiologis. Secara ontologis yaitu realitas pendidikan karakter meliputi tujuan, materi, pendidik, dan lingkungan pendidikan. Secara epistemologis, sampailah kepada metodologi pendidikan ini yaitu meliputi kemauan, introspeksi diri, thariqun thabi’iyyah dan metode oposisi. Sedangkan secara aksiologis adalah bahwa pendidikan karakternya bermuara kepada titik tengah dengan 4 keutamaan di dalamnya. Kemudian pendidikan karakter dapat direkonstruksi dengan menganalisa secara epistemologis pemikiran Ibn Miskawaih yaitu dimulai dengan subjek atau alat pengetahuannya yakni hakikat manusia dengan bimbingan akalnya sebagai alat pengetahuan dan objeknya adalah ketiga daya yang ada pada jiwa manusia. Sedangkan proses mengetahuinya adalah bertolak dari teori emanasi dengan tanpa mengesampingkan al-Qur’an dan Hadits yang termuat penggunakan istilah ta’dib dalam mengartikan pendidikannya. Didapati pula bahwa ada upaya pemaduan antara filsafat Yunani dan ajaran Islam di dalam konstruksi pendidikan karakter Ibn Miskawaih. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Rekonstruksi, dan Epistemologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 76102 - Studi Islam (S2)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:54
Last Modified: 27 Jul 2021 16:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item