LESTARI, PASHIANNY DWI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang desain bahan ajar tematik subtema lingkungan tempat tinggalku berbasis problem based learning untuk siswa kelas IV, (2) Menguji bahan ajar tematik subtema lingkungan tempat tinggalku berbasis problem based learning untuk siswa kelas IV yang valid, dan (3) Menguji bahan ajar tematik subtema lingkungan tempat tinggalku berbasis problem based learning untuk siswa kelas IV yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Namun dalam penelitian ini tidak menggunakan tahap field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji validitas data menggunakan angket pada tahap expert review dan one-to-one sedangkan uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar tematik berbasis pendekatan keterampilan proses dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal ini terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review dengan skor 86 dan one to one dengan skor 83 dengan rata-rata sebesar 85 sehingga dikategorikan sangat valid, dan (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada small group berupa skor dengan rata-rata sebesar 94 sehingga dikategorikan sangat praktis. Kata-kata kunci: bahan ajar, tematik, pendekatan keterampilan proses
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar tematik pendekatan keterampilan proses |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 01:00 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 01:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9483 |
Actions (login required)
View Item |