ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN CINTA DAMAI

Sela, Ranti Mei (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN CINTA DAMAI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam memecahkan masalah pada tes essay. Tes essay pada pembelajaran tematik dapat membantu siswa melatih kemampuan berpikir kritisnya melalui pengalaman dan pengamatan secara langsung, sebab pembelajaran tematik dapat memberi ruang bagi siswa untuk melakukan pendekatan kepada objek yang dipelajari, sehingga dapat diimplementasikan pada kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1. kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik; dan 2. upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Komponen pada teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan uji kredibilitas data dengan jenis triangulasi sumber/data. Hasil penelitian tentang Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di SDN Cinta Damai menunjukkan bahwa: 1. kemampuan berpikir kritis siswa kelas V ditinjau dari indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, memberikan alasan untuk suatu keputusan, kesimpulan, dan membuat penjelasan lebih lanjut; dan 2. sementara upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan mempersiapkan rencana pembelajaran yang matang melalui RPP dengan merumuskan tujuan pembelajaran, memilih materi pembelajaran, merencanakan kegiatan pembelajaran (berupa metode dan strategi pembelajaran, serta media pembelajaran), dan penilaian pembelajaran. Kata kunci: Berpikir, Kritis, Pembelajaran, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis Pembelajaran Tematik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:37
Last Modified: 20 Aug 2021 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item View Item