ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAM TELADAN PALEMBANG

NURRAHMA, SITI (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAM TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu terdapat siswa di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Islam Teladan Palembang mengalami kesulitan belajar matematika, hal ini ditandai siswa sering mengalami kesalahan dalam menjawab soal karena siswa kurang mampu memahami maksud dari soal tersebut serta bingung menentukan operasi hitung mana yang seharusnya digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa, faktor penyebab kesulitan belajar matematika dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang mengalami kesulitan belajar matematika dan guru mata pelajaran matematika kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Islam Teladan Palembang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika pada materi bangun ruang tabung yaitu siswa mengalami kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan dalam operasi aritmatika, dan kesulitan memecahkan masalah matematika. (2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada materi bangun ruang tabung yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal atau faktor yang bersumber dalam diri siswa itu sendiri yang menyebabkan kesulitan belajar matematika yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor sikap dan motivasi belajar. sedangkan faktor eksternal atau faktor yang bersumber dari luar diri siswa yaitu faktor pedagogik, faktor sarana dan prasarana sekolah, faktor lingkungan sekolah, serta faktor lingkungan keluarga. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika pada materi bangun ruang tabung yaitu guru memberikan penjelasan ulang kepada siswa yang mengalami kesulitan, mengadakan remedial bagi siswa yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan atau rendah, serta guru memberikan motivasi, dorongan dan semangat kepada siswa agar tidak putus asa dan selalu giat untuk belajar. Kata kunci: Kesulitan, Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:33
Last Modified: 30 Aug 2021 05:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item View Item