Purnamasari, Heni (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
SKRIPSI HENI PURNAMASARI 13190114.docx Download (7MB) |
Abstract
Kebutuhan akan jasa asuransi kini makin dirasakan,baik perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki.. Kualitas pelayanan yang ditawarkan yang akan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Palembang.Sampel penelitian ini sebanyak 97 responden, dengan metode penyebaran kuisioner dengan populasi seluruh nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Palembang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, adapun tahap-tahap pengujiannya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, uji koefisien determinasi (R^2), dan uji statistik t. Data-data telah memenuhi uji asumsi klasik, diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut: Y= 0,237+ 0,944X karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka hal ini berarti variabel independen kualitas pelayanan (X) mempunyai hubungan yang positif signifikan terhadap variabel dependen kepuasan nasabah (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan Kebutuhan akan jasa asuransi kini makin dirasakan,baik perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki.. Kualitas pelayanan yang ditawarkan yang akan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Palembang.Sampel penelitian ini sebanyak 97 responden, dengan metode penyebaran kuisioner dengan populasi seluruh nasabah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Palembang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, adapun tahap-tahap pengujiannya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, uji koefisien determinasi (R^2), dan uji statistik t. Data-data telah memenuhi uji asumsi klasik, diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut: Y= 0,237+ 0,944X karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka hal ini berarti variabel independen kualitas pelayanan (X) mempunyai hubungan yang positif signifikan terhadap variabel dependen kepuasan nasabah (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan nasabah. Angka R Square sebesar 0,855 menunjukkan bahwa 85,5% variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 14,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. mempengaruhi variabel kepuasan nasabah. Angka R Square sebesar 0,855 menunjukkan bahwa 85,5% variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 14,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 06:40 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 06:40 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9724 |
Actions (login required)
View Item |