SUDARTO, SUDARTO (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 OKU. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
Asli Cover dan Abstrak Sudarto.docx Download (1MB) |
|
Text
tesis.docx Download (164kB) |
|
Text
Wawancara, Observasi dan Dokumentasi.docx Download (32kB) |
Abstract
Masalah internal yang dihadapi dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI) di lembaga pendidikan Formal saat salah satunya adalah tidak diterapkannya manajemen pembelajaran secara efektif. Karenanya, diperlukan pengelolaan secara manajerial terhadap beberapa program pengembangna pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya pembelajaran PAI. Hasil penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 2 OKU menunjukan bahwa sekolah ini telah melaksanakan manajemen pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 2 OKU. Ada tiga rumusana masalah dijawab dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimana proses perencanaan pengembangan program pembelajran PAI di SMK Negeri 2 OKU?; 2) Bagaimana proses pelaksanaan pengembangan program pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 OKU?; 3) Bagaimana penilaian (evaluasi) program pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 OKU? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu bermaksud untuk memberikan gambaran tentang manajemen pengembangan program pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 OKU. Prosedur pengumpulan data adalah sebagai berikut, 1) wawancara; 2) obsevasi; 3) dokumentasi. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, pengembangan perencanaan pembelajaran PAI dimulai dengan pengembangan silabus, pembuatan rincian minggu efektif, pembuatan program tahunan, dan program semester, persiapan perangkat mengajar dalam bentuk rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) serta mempersiapkan instrumen dan alat penilaian. Kedua, melaksanakan pengembangan program pembelajaran PAI meliputi; 1) pengembangan materi pembelajaran yang di dalamnya dilakukan melalui pembelajaran Mulok BTQ, pemberian materi PAI berbasis ICT dan pengembangan materi pembelajaran melalui kegiatan Ekstrakulikuler ROHIS 2) pengembangan model (metode), media, dan sumber belajar. Didalamnya berisikan pemilihan metode pembelajaran yang bervariasi, disesuaikan dengan materi pembelajaran, menggunakan media computer dan infokus, serta memanfaatkan sumber belajar lain ruang kelas seperti aula, mushallah sekolah dan leb komputer. Ketiga, Penilaian (evaluasi) pengembangan program pembelajaran PAI secara umum dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu penilaian program, proses dan penilaian hasil pembelajaran. Pengawasan secara keseluruhan dilakukan oleh kepala sekolah, sedangkan untuk penilaian hasil belajar dilakukan oleh guru PAI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? J1 ?? |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:43 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9934 |
Actions (login required)
View Item |