HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANYUASIN III

Sari, Linda (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagian siswa masih ada yang belum dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan sendiri,siswa terlihat tidak aktif dalam proses pembelajaran, belum adanya kemauan dalam diri siswa untuk menyelesaikan tugas secara mandiri, hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas VII.A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banyuasin III, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banyuasin III dan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelasVII.A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banyuasin III. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam serta siswa-siswa SMP Negeri 1 Banyuasin III. Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kuantitatif. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu data primer yang diperoleh dari Kepala Sekolah, guru dan siswa, dan data sekunder berasal dari dokumen dan literatur yang mendukung dalampenelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis statistik yakni dengan rumus korelasi produks moment (person). Hasil penelitian ini adalah pertama, kemandirian belajar SMP Negeri 1 Banyuasin III dikategorikan cukup kondusif untuk belajar karena dari 30 responden terdapat 23 responden yang menyatakan sedang sebesar 76%. Kedua, hasil belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Banyuasin III. Dikategorikan cukup baik karena dari 30 responden terdapat 21 responden yang menyatakan sedang sebesar 70%. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemandirianbelajar dengan hasil belajar siswa kelasVII.A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1Banyuasin III. Berdasarkan hasil analisis statistik bahwa “r” hitung 0,552 lebih besar daripada “r” tabel (Product Moment) baik pada taraf signifikan 5% (0,374) maupun pada taraf signifikan 1% (0,478).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:49
Last Modified: 20 Sep 2021 06:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item