PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG

karni, karni (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs Patra Mandiri Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ada sebagian guru yang kurang inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran terutama pada mata pelajaran SKI berlangsung. Model pembelajaran yang digunakan masih terkesan monoton, sehingga membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang? dan Apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa sesbelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang?. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C dengan jumlah keseluruhan ada 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus Uji-t dan TSR. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII C sebelum diterapkan model pembelajaran Word Square yang tergolong tinggi dengan persentase 22,22%, tergolong sedang dengan persentase 30,56%, dan yang tergolong rendah dengan persentase 47,22%. Sedangkan motivasi belajar siswa kelas VIII C sesudah di terapkan model pembelajaran Word Square yang tergolong tinggi dengan persentase 38,89%, tergolong sedang dengan persentase 27,78% dan tergolong rendah dengan persentase 33,33%, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Word Square terhadap motivasi belajar siswa yang diajarkan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Word Square. Dapat dilihat dari hasil uji “th” yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (t0= 5,69) sedangkan besarnya “tt” yang tercantum pada tabel (tt 5%= 2,03 dan tt 1%= 2,72). maka Hipotesis nol (H0) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Word Square terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:45
Last Modified: 20 Sep 2021 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item