PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG

YULIANTI, WIWIN (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Lingkungan sekolah adalah lingkungan pendidikan utama yang kedua setelah keluarga. Dilingkungan yang baru di kenalnya, siswa bisa mendapatkan pelajaran yang baik akan tetapi siswa juga bisa mendapatkan pelajaran yang buruk pula. Prestasi belajar adalah pencapaian tertinggi yang diperoleh oleh hasil belajar yang telah diupayakan dalam menggapainya sehingga menjadi tolak ukur nilai tertinggi. Prestasi belajar juga dapat dikatakan sebagai hasil belajar karena untuk mencapai prestasi seorang murid harus melalui proses belajar yang disadari dan dilakukan secara maksimal, lalu akhir dari proses belajar ialan hasil belajar atau prestasi belajar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana lingkungan sekolah di SMP Patra Mandiri 1 Palembang, Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang, dan Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kondisi lingkungan sekolah di SMP Patra Mandiri 1 Palembang, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang, dan untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitatif yaitu data yang berkenaan dengan lingkungan sekolah dan prestasi belajar. Sumber data primer adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas namun setiap kelas hanya diambil 26 dan 27 sampel, jadi jumlah keseluruhan 53 siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah kepala sekolah, guru-guru, dan dokumen-dokumen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Patra Mandiri 1 Palembang, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 53 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Terlebih dahulu data disimpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR, dan Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: petama, lingkungan sekolah di SMP Patra Mandiri 1 Palembang dari 53 responden terdapat 34 responden yang menyatakan sedang sebesar (64,15%). Kedua, prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang dari 53 responden terdapat 33 responden yang menyatakan sedang sebesar (62,26%). Dan ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Berdasarkan hasil analisis statistik bahwa “r” hitung 0,380 lebih besar dari “r” tabel (Product Moment) baik pada taraf signifikan 5% (0,273) maupun pada taraf signifikan 1% (0,354).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:00
Last Modified: 27 Sep 2021 07:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12259

Actions (login required)

View Item View Item