PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MATERI KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PADA SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU-1 PALEMBANG

OKTIYANA, ADE (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MATERI KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PADA SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU-1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1.docx

Download (68kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Materi Karangan Berdasarkan Pengalaman pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Hikmah SU-1 Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini belum menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan menulis karangan materi karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dilakukan penerapan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang? Bagaimana keterampilan menulis karangan materi karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia sesudah dilakukan penerapan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang? Apakah terdapat perbedaan antara keterampilan menulis karangan materi karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V sebelum dan sesudah penerapan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual komponen pemodelan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan materi karangan berdasarkan pengalaman pada siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Al-Hikmah SU-1 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, subjek penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas V sebagai eksperimennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Hikmah SU-1 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan keterampilan menulis karangan materi karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas eksperimen, penggunaan tes “t” untuk menguji dua sampel dengan pendekatan kontekstual komponen pemodelan terhadap keterampilan menulis karangan materi karangan berdasarkan pengalaman pada siswa MI Al-Hikmah SU-1 Palembang menunjukkan bahwa nilai yaitu lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,12 dan t tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,92. Dengan kata lain 2,12<>2,92 maka Hipotesis Nihil ditolak. Artinya pendekatan kontekstual komponen pemodelan ini dapat diterapkan pada siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:13
Last Modified: 28 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item View Item