UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PENGENALAN MATERI MALAIKAT DAN TUGASNYA DI KELAS IV SD NEGERI 06 PEMULUTAN SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR

naning, nurdin (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA PENGENALAN MATERI MALAIKAT DAN TUGASNYA DI KELAS IV SD NEGERI 06 PEMULUTAN SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
A.1NURDIN.docx

Download (34kB)
[img] Text
A.2 NURDIN.docx

Download (31kB)
[img] Text
A.3.NURDIN.docx

Download (35kB)
[img] Text
A.4.NURDIN.docx

Download (62kB)
[img] Text
A.5.NURDIN.docx

Download (22kB)

Abstract

Anak adalah amanah dari Allah yang terlahir dalam keadaan sici, didalam pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi banyak faktor, oleh karena itu, orang tua atau keluarga sebagai lingkungan terdekat yang beetanggung jawab terhadap kesiapan mental anak melaui penanaman nilai-nilai agama, Model Pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri 06 Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. PTK ini dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan reflkeksi. Data penelitian diambil dari data tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa meningkat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap pertama Prasiklus hasil belajar siswa adalah 63,96, kemudian pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 78,10, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,40. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar pada masing-masing siswa dari prasiklus adalah 33,33%. Kemudian pada siklus I adalah 63,33% kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100 %. Peningkatan prestasi belajar ini ditandai dengan semakin baiknya belajar siswa dalam menghafal dan mengapresiasasi setiap mata pelajaran PAI dengan model Pembelajaran Make a Match dengan berbagai tehnik. Model Pembelajaran Make a Match, dapat mengubah hasil belajar siswa dari yang tidak hapal menjadi hapal, dan pada giliranya ada sebagian siswa ada yang sudah mampu mentrasfer hasil belajarnya tidak hanya dalam proses pembelajaran tetapi mampu menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari. Guru melakukan bebagai pariasi dalam proses pembelajaran, baik dalam pemilihan metode maupun strategi pembelajaran yang lain.sehingga dapat menumbuhkan motivasi dalam dalam diri siswa dan minat yang besar untuk mengikuti pembelajaran dengan aktif, pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan memyenangkan (PAIKEM) sangat ditekankan didalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mana setiap siswa diharapkan mampu menguasai setiap kompetensi yang diajarkan. Dari pelaksanaan penelitian ini, baik dari pra siklus, siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyebutkan nama-nama malikat dan tugasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:16
Last Modified: 28 Sep 2021 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item