UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT (MEMILIH KARTU) MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANYA DI KELAS VI MI NAJAHIYAH PALEMBANG

Mahmudah, Rifa’atul (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT (MEMILIH KARTU) MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANYA DI KELAS VI MI NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab i rifaat.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II RIFA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III RIFA.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV RIFA.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V RIFA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: apakah penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi dan penggunaanya pada siswa kelas IV MI Raudhatus Shibyan Gunung Agung Kab. Muara Enim? Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi dan penggunaanya pada siswa kelas IV MI Raudhatus Shibyan Gunung Agung Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan guru serta tes formatif dan menggunakan analisis deskriptip kuantitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan penggunaan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi dan penggunaanya pada siswa kelas IV MI Raudhatus Shibyan Gunung Agung Kab. Muara Enim, hal ini dapat di lihat dari : total nilai siswa Sebelum diterapkannya strategi Card Sort pada pratindakan skor total hanya mencapai 1140, kemudian siklus 1 naik menjadi 1360 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 1580, kemudian peningkatan Nilai Berdasarkan KKM. Sebelum diterapkannya strategi Card Sort Perolehan nilai berdasarkan KKM dimulai dari pra siklus yang hanya 3 orang kemudian pada siklus naik menjadi 11 anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 20 anak dan peningkatan nilai rata-rata. Sebelum diterapkannya strategi Card Sort Perolehan nilai tes rata-rata siswa pada pratindakan hanya mencapai 57. Dari 57 di pratindakan kemudian naik menjadi 68 di siklus 1, naik lagi menjadi 79 di siklus 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:19
Last Modified: 28 Sep 2021 01:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item View Item