PENGARUH PEMIKIRAN ULAMA K.H ANWAR TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SERIBANDUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

RAMADHAN, M (2012) PENGARUH PEMIKIRAN ULAMA K.H ANWAR TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SERIBANDUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab I Madon R1.rtf

Download (212kB)
[img] Text
Bab II.rtf

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (74kB)

Abstract

Dalam Islam kedudukan ulama ditempatkan sebagai ‘warasathul Anbiya’ yang secara historis sosiologis memiliki otoritas dalam semua bidang keagamaan. Sebagai pewaris nabi, maka ulama telah berkiprah dalam banyak hal untuk menata dan mengatur kehidupan ini berdasarkan Al-Qur’an dan hadist. Keberadaan seorang ulama dalam lingkungan pesantren adalah laksana jantung dalam kehidupan santri. Dengan demikian ulama merupakan salah satu pilar penting dalam kehidupan ini. Penelitian ini menganalisis tentang Pengaruh pemikiran K.H Anwar terhadap Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung Kecamatan Tg. Batu Kabupaten Ogan Ilir dengan rumusan masalah: Pertama, Bagaimana Pemikiran ulama K.H Anwar terhadap pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung Kecamatan Tg. Batu Kab. Ogan Ilir. Kedua, Bagaimana pengaruh Pemikiran ulama K.H Anwar terhadap pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung Kecamatan Tg. Batu Kab. Ogan Ilir. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran dan pengaruhnya terhadap pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung kecamatan Tg. Batu Ogan Ilir. Informan dalam penelitian ini adalah keluarga, sahabat dan murid K.H Anwar serta tokoh masyarakat setempat. Dari hasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa K.H Anwar, Pemikiran para ulama tersebut di bentuk oleh ajaran dasar Islam, yakni Iman, Islam dan Ihsan yang kemudian terakumulasi dalam pemikiran, sikap dan perilaku. Dalam konsep pendidikan, K.H Anwar lebih mengedepankan penanaman akhlak, sebab baginya akhlak merupakan fondasi bangunan seluruh sitem pendidikan Islam. Sebelum seseorang diisi dengan berbagai macam ilmu pengetahuan, seseorang tersebut harus dibina akhlaknya terlebih dahulu, baru kemudian diisi dengan tauhid dan fiqih serta ilmu pengetahuan lainnya. Hal ini bertujuan agar para santri memiliki sikap egaliter, tidak sombong yang pada akhirnya bersikap tawadhu’ dan rendah diri terhadap siapapun. Kemudian segi metode pengajarannya, nampak lebih sistematis, karena santri tidak diminta mampu menghafal teks, lebih dari itu para santri harus mampu menganalisis salah satu topik dengan menyebutkan rujukan kitab yang dijadikan argumentasi, sesuai dengan kapasitas keilmuan masing-masing. Cerminan kepribadiannya dalam mengajar dan bersosial menunjukkan betapa kuatnya kecakapan dan pancaran iman dan akhlak beliau, sehingga dijadikan teladan bagi warga sekitar dan generasi muda lainnya. Oleh karena itu, pengaruh beliau tidak hanya berada dalam pesantren saja, akan tetapi juga berpengaruh pada masyarakat luas. Sebagai bukti kitab-kitab karangan beliau sampai saat ini masih di gunakan oleh beberapa madrasah dan pesantren di luar Seribandung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:41
Last Modified: 28 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13945

Actions (login required)

View Item View Item