: PENERAPAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF ABJAD PADA BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA DI RAUDHATUL ATHFAL AMANAH PALEMBANG

NURJANA, NURJANA (2014) : PENERAPAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF ABJAD PADA BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA DI RAUDHATUL ATHFAL AMANAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I NURJANA KM5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II nurjanah.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV nurjana.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V nurjana.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah yang terjadi di kelas yaitu rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad yang disebabkan oleh penggunaan metode oleh guru dalam pembelajaran sehingga berdampak pada aktifitas anak di kelas yang cendrung tidak merespon kegiatan pembelajaran dengan baik dan berdampak pada daya serapanak terhadap pelajaran. Berdasarkan permasalahan: apakah penggunaan metode belajar sambil bermain menggunakan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf abjad di kelas B Raudhtaul Athfal Amanah Palembang. Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dengan tujuan Untuk mengetahui penggunaan metode belajar sambil bermain menggunakan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf abjad di Raudhtaul Athfal Amanah Palembang. Data-data yang diperlukan diperoleh antara lain melalui observasi aktivitas siswa dan guru serta tes dan menggunakan analisis aktifitas guru dan siswa kemudian di gambarkan sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari belajar yang di capai siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan hasil bahwa dengan menggunakan media pembelajaran kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca huruf abjad A-J pada anak kelompk B di RA Amanah Palembang. Hal ini dapat di lihat dari : Peningkatan Nilai Kemunculan dalam Belajar yaitu pada prasiklus yang belum muncul (BM) dapat diketahui 13 anak dari 21 anak, Mulai Muncul (MM) ada 5 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 3 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada. Pada siklus 1 yang belum muncul (BM) dapat diketahui 6 anak dari 21 anak, Mulai Muncul (MM) ada 6 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 8 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 2 anak. Pada siklus 2 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) ada 4 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 13 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 4 anak. Pada siklus 3 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSB) ada 9 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 12 anak. Dan peningkatan Aktivitas Belajar Anak, Peningkatan jumlah anak yang terlibat aktif dalam pembelajaran sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah pembelajaran siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 menunjukan adanya kenaikan atau peningkatan sebelum perbaikan anak terlibat aktif hanya 2 orang dan pada siklus 1 anak yang terlibat aktif menjadi 5 Kemudian pada siklus 2 menjadi 10 orang dan pada siklus 3 menjadi 14 orang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item