STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 159 PALEMBANG

MEYRISA, UMI (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 159 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-V.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Mengikuti TPA dengan Siswa yang Tidak Mengikuti TPA Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 159 Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni terdapat gejala adanya perbedaan hasil belajar siswa yang sangat beragam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari latar belakang yang telah diuraikan, terdapat beberapa masalah yang terjadi di lapangan, sehingga peneliti merumusan masalah dari penelitian ini yaitu: adakah perbedaan hasil belajar siswa mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 159 Palembang ? Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa yang ada di SDN 159 yang berjumlah 380, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas II semester I di SDN 159 Palembang yang berjumlah 60 siswa.. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus uji-t. Setelah melakukan tes maka didapatlah hasil belajar siswa yang mengikuti TPA di SDN 159 pada mata pelajaran PAI tergolong tinggi sebanyak 3 siswa (1%), yang tergolong sedang sebanyak 23 siswa (76, 66 %), dan yang tergolong rendah 4 siswa (13, 33 %). Sedangkan hasil belajar siswa yang tidak mengikuti TPA di SDN 159 Palembang pada mata pelajaran PAI yang tergolong tinggi tidak ada (0 %), yang tergolong sedang 27 siswa (90%) dan yang tergolong rendah 3 siswa (10 %) Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA pada mata pelajaran PAI di SDN 159 Palembang. Berdasarkan analisa statistik bahwa diperoleh harga t analisa sebesar 3,09 sedangkan harga t untuk derajat bebas adalah 58 pada taraf signifikan 5% adalah 2,00 dan untuk taraf signifikasi 1% adalah 2,65. Atau 2,00<3,09>2,65. Karena to lebih besar daripada tt pada taraf signifikasi 5% maka hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada (tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA), ini berarti (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan dapat diterima. Setelah melihat to lebih besar daripada tt pada taraf signifikan 5% (2,00<3,09>2,65) adanya perbedaan dua mean sampel yang signifikan. Jadi kesimpulannya dengan membandingkan besarnya dua sampel di atas, para siswa yang mengikuti TPA secara signifikan berbeda (dalam hal ini lebih baik) jika di bandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti TPA

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:35
Last Modified: 30 Sep 2021 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item View Item