PENERAPAN EKONOMISASI RELIGIUSITAS DAN MANAGERIAL DALAM CONTENT AISHWA NAHLA CHANNEL SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENGHASILAN DITINJAU DARI ETIKA DAN BISNIS ISLAM (STUDI KASUS YOUTUBER KOTA PALEMBANG)

Milenika, Disti (2021) PENERAPAN EKONOMISASI RELIGIUSITAS DAN MANAGERIAL DALAM CONTENT AISHWA NAHLA CHANNEL SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENGHASILAN DITINJAU DARI ETIKA DAN BISNIS ISLAM (STUDI KASUS YOUTUBER KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan YouTube sebagai media informasi yang kini juga beradaptasi menjadi media penyedia bisnis dikarenakan intensitas penggunaan YouTube yang paling banyak diminati oleh pengguna media sosial saat ini, tentunya hal ini menjadi peluang bagi banyak orang agar dapat meningkatkan sumber penghasilan melalui pemanfaatan YouTube yang dijalankan, namun yang terjadi sekarang pemanfaatan YouTube seolah hanya dijadikan sebagai ajang dalam mencari keuntungan saja. Dalam hal ini Aishwa Nahla mempunyai strategi tersendiri dengan penerapan Ekonomisasi religiusitas sebagai komodifikasi islam baru dalam pendekatan ekonomi dan managerial yang tepat untuk mempertahankan diri di kanal YouTube, cara ini dinilai mampu memberikan stigma positif bagi pengguna sosial media yang mengakses akun channelnya, selanjutnya untuk mengkaji kesesuaian dari isi content perlu dilakukan peninjauan dengan prinsip dari etika bisnis islam terhadap channel Content Creator. Penelitian ini menggunakan grand Teory yaitu teori uses and gratifications. Teori ini digunakan untuk mencari kepuasan terhadap suatu media (program atau isi media) ketika seseorang mendapatkan pengalaman dari suatu media maka kepuasan yang diperolehnya akan mempengaruhi kepercayaan dan memperkuat pola menontonnya. Dan teori pendukung lainnya ialah Expentancy teory untuk mengkaji variabel peningkatan sumber penghasilan dan selanjutnya teori dari etika bisnis Islam untuk mengkaji tinjauan etika bisnis Islam dalam meninjau penelitian tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan menggunakan dua teknik analisis data yaitu Etnografi virtual dan Systematic Literatur Review ( SLR) dalam memperoleh data yang diperlukan dalam menganalisis permasalahan yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah Aishwa Nahla Channel. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Ekonomisasi Religiusitas Dan Managerial Dalam Content Aishwa Nahla Channel Sebagai Salah Satu Sumber Penghasilan Ditinjau Dari Etika bisnis Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan Penerapan Ekonomisasi Religiusitas dan Managerial yang tepat guna yang digunakan Aishwa nahla channel menjadi strategi dalam mempertahankan eksistensi dikanal youtubenya memberikan pengaruh positif terhadap channel Content creator, peningkatan sumber penghasilan dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yaitu hobi, lingkungan, popularitas, kemampuan dan kecanggihan teknologi sedangkan untuk profesi tidak begitu dijadikan acuan bagi content creator dalam menjalankan youtubennya Dan penerapan etika bisnis islam berpengaruh positif dijadikan acuan bagi content creator dalam memberikan tontonan yang berkualitas dan bertanggung jawab dalam menghindarkan tontonan negatif yang dapat menurunkan kualitas tayangan dan stigma bagi media youtube sendiri. Kata Kunci: Penerapan Ekonomisasi Religiusitas, Managerial, Sumber Penghasilan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:23
Last Modified: 22 Dec 2021 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item